Singing Hatsune Miku
Posted by : Wahyu Dwi Prasetyo Juni 05, 2014

Battrei tidak bisa terisi pada laptop memang menjadi masalah sangat menjengkelkan karena lampu indikator atau simbol charger pada dekstop menunjukan charger normal, tetapi pada kenyataannya battrei laptop tidak terisi alias battrei tidak bisa dicharge atau diisi lagi. Dari pengalaman saya penyebab tidak bisa charge itu bisa saja disebabkan dari mulai kondisi battrei yang rusak, charger laptop yang rusak, windows yang eror dan berbagai macam hal yang menyebabkan battrei tidak bisa dicharge atau tidak bisa diisi.

Dari kondisi ini nampaknya sering terjadi hampir semua merek laptop, tidak perduli apakah laptop tersebut merek yang terkenal atau hanya kelas dua, dan saya dapat simpulkan bahwa hal ini merupakan penyakit yang umum terjadi pada semua laptop. Dibawah ini ada beberapa jalan yang bisa anda tempuh dalam mengatasi masalah charge battrei yang tidak bisa masuk kedalam laptop :
  1. Kemungkinan besar masalahnya berhubungan dengan baterai. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh baterai yang tidak bisa bekerja dengan benar dan tidak memberi daya dari baterai ke laptop ketika charger dicabut. Jika laptop anda bekerja dengan baik, pada saat adapter charger terpasang ketika baterai sudah terisi penuh maka akan otomatis memutuskan daya sambungan dengan baterai.
  2. Pastikan Power Adapter telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba mencabut adapter charger.
  3. Buka dan pasang kembali baterai anda, kemungkinan baterai tidak terpasang dengan benar sehingga daya listrik tidak masuk ke dalam baterai.
  4. Boot ke sistem BIOS, dan liat apakah ada yang aneh atau tidak dengan baterai anda. Jangan mengubah settingan kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windoes berjalan selama beberaoa puluh menit dan liat pakah presentase dari baterai tidak berubah sama sekali.
  5. Jika presentase pengisian baterai naik, tapi langsung drop beberapa saat setelah power adapter dilepas, berarti baterai bocor.
  6. Anda bisa menggunakan software utilitas baterai pihak ketiga untuk melakukan diagnosa keadaan baterai. Sebagai contohnya adalah BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan diagnosa baterai anda. Untuk downloadnya silahkan dicari di Google.
  7. Jika masih ada masalah yang sama dan bahkan ketika sudah mengganti baterai lama dengan yang baru kemungkinan besar ada masalah pada motherboard anda.
Baterai itu meruapakan buatan manusia jadi wajar saja sewaktu-waktu baterai anda rusak dan bermasalah seperti tidak terisinya Batterai pada laptop anda. Jadi rawatlah laptop anda dengan cara yang benar sehingga dapat awet dan terhindar seperti masalah-masalah yang ada diatas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Everlasting - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -