- Back to Home »
- Artikel , Pembelajaran »
- Menyusun Best Practices
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SDN 1 Tegaren Kec Tugu Kab Trenggalek |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan yang ingin
dicapai |
Penerapan TIK dalam pembelajaran dan
Pengimplementasian Model Pembelajaran Inovatif |
Penulis |
Wahyu Dwi Prasetyo, S.Pd |
Tanggal |
11 September 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi
latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang
menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: Kondisi yang melatar
belakangi masalah dalam Best Practice, yaitu: 1. Guru belum pernah
melakukan pembelajaran dengan berbasis TPACK, padahal sebenarnya guru mampu
membuat media pembelajaran TIK, mesikpun itu media pembelajaran berbasis IT yang
sederhana seperti powerpoint dan video gerakan. Guru PJOK yang saya lihat
dalam lingkungan KKG yang mayoritas usia 45 tahun ke atas belum pernah
menggunakan media TIK dalam pembelajaran. 2. Kegiatan yang dilakukan oleh guru
belum maksimal, diantaranya guru kurang memahami langkah-langkah sesuai
sintak yang ada pada model pembelajaran. Kendala lain yang sangat dirasakan
guru mengalami kendala dalam mengarahkan siswa mengidentifikasi masalah pada
materi pelajaran. Praktik ini penting dibagikan karena: Praktik ini penting
untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang sama dengan
permasalahan kondisi saya, karena dalam realita yang ada di lapangan kondisi pembelajaran di
sekolah sudah harus berubah karena tuntutan perkembangan zaman seperti saat ini.
Saat ini teknologi dan model pembelajaran sudah sangat beragam, misal dalam
pembelajaran yang dilakukan adalah peserta didik harus memecahkan masalah
sendiri dan dituntut untuk menguasai IT sejak usia sekolah dasar. Peran dan tanggungjawab dalam praktik ini: Saya sendiri berperan dan bertanggungjawab sebagai
guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran
yang kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik sebagai
upaya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sesuai dengan alur
perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya untuk kelancaran pembelajaran. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi
tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Apa Saya yang menjadi tantangan untuk mencapai
tujuan tersebut? Setelah dilakukan diidentifikasi masalah dengan
refleksi diri, wawacanra guru, kepala sekolah dan pakar serta salah satu wali
murid. Maka dapat ditarik beberapa poin penting yang ada, yaitu: 1. Guru belum maksimal dalam melakukan dalam
menggunakan TIK dalam pembelajaran sehingga siswa cenderung masih dalam batas
informasi yang didapat dalam buku. 2. Sarana dan prasarana terbatas sehingga guru harus
membuat modifikasi media pembelajaran. 3. Penyajian materi yang dianggap membosankan oleh
siswa Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh
guru adalah: 1. Guru bisa menggunakan media pembelajaran TIK yang
sederhana seperti powerpoint atau menujukkan gambar pada proyektor. 2. Kurangnya keaktifan guru dalam mencari informasi
dalam pembelajaran, padahal saat ini informasi mengenai pembelajaran banyak
berkembang di dunia maya atau internet sehingga bisa menjadi lebih banyak
model atau media yang bisa digunakan. 3. Guru harus bisa mengatasi keterbatasan sarana dan
prasarana yang ada dengan membuat modifikasi alat peraga atau media
pembelajaran yang sederhana tapi tidak menghilangkan makna dari media yang
akan disampaikan ke anak. 4. Bola tolak peluru yang diisi dari pasir masih
cenderung bisa rusak karena hanya menggunakan lakban untuk menutup lubang
yang sudah dibuat dan hal itu bisa diatasi dengan membuat cadangan bola tolak
peluru. 5. Guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang sesuai
dengan perkembangan zaman, peserta didik sekarang dituntut lebih aktif dan
kreatif dalam menghadapi permasalahan yang ada. 6. Pengelolaan anak untuk membuat aktif dalam
pembelajaran yang baru mereka lihat membutuhkan waktu dan proses yang harus
bisa diantisipasi oleh pendidik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Siapa
Saja yang terlibat? Dosen Pembimbing lapangan,
Guru Pamong, Kepala Sekolah, Rekan Sejawat, dan Peserta didik |
Aksi : Langkah-langkah apa
yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan
dengan baik oleh seorang guru profesional. Diantaranya yaitu: 1. Berkaitan dengan media pembelajaran berbasis TIK a. Guru menggunakan media pembelajaran TIK berbasis
video pembelajaran berbasis animasi untuk menarik minat dan semangat peserta
didik dalam melakukan penjelasan mengenai materi yang disampaikan sehingga
dapat terintegrasi dengan TPACK, dengan begitu peserta didik dapat memahami
materi dengan mudah serta tentu saja tidak membosankan bagi peserta didik
karena disajikan dengan animasi yang sesuai dengan karakter peserta didik SD.
b. Media pembelajaran TIK bisa dibuat dengan sederhana
atau bisa mencari di youtube sesuai dengan materi apa yang akan disampaikan
sehingga peserta didik bisa lebih mudah memahami. 2. Berkaitan dengan model pembelajaran a. Guru diyakini sudah hafal dengan sintaks model
pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran ini, model yang digunakan
adalah model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sesuai dengan sintaksnya. b. Selain itu juga didalam pembelajaran inovatif guru
juga bisa mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dengan modifikasi bola
tolak peluru yang terbuat dari plastik dan dalamnya diisi pasir sehingga bola
menjadi berat 3. Berkaitan dengan penilaian a. Seorang guru dituntut untuk melakukan penilaian
secara keseluruhan mulai dari ranah afektif/sikap, kognitif/pengetahuan dan
psikomotor/keterampilan. b. Penilaian yang dilakukan sesuai dengan instrumen
yang lengkap mulai dari kisi-kisi penilaian, soal, instruksi keterampilan
untuk melengkapi penilaian akhir. 4. Berkaitan dengan kondisi kelas dan lapangan a. Guru bisa mendesain pembelajaran di dalam kelas
dengan suasana rapi, bersih dan nyaman bagi peserta didik untuk belajar di
dalam kelas. Penataan tempat duduk perserta didik juga bisa menjadi salah
satu faktor penting untuk peserta didik dapat berdiskusi dengan baik. b. Guru dapat mendesain penataan pada saat pembelajaran
di lapangan agar sesuai dengan pembelajaran tertutama saat akan melakukan
permainan dengan pemanasan dan saat melakukan penilaian keterampilan. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari
aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak
efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah
dilakukan: Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan
dirasa efektif dan dapat dilihat dari: 1. Media Pembelajaran TIK a. Membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran
dan diskusi baik di dalam kelas maupun diluar kelas dengan membangkitkan
percaya diri peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan bertanya jika ada
hal yang belum dimengerti. b. Cara berfikir kritis peserta didik dapat muncul
dengan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran dan media power
point yang ditampilkan TIK c. Dengan menggunakan video pembelajaran animasi yang
dilakukan dapat menarik minat peserta didik untuk belajar di dalam kelas 2. Model Pembelajaran Inovatif a. Penggunan model PBL dalam pembelajaran sangat
membuat antusias siswa dan siswa mampu berdiskusi serta memecahkan masalah
dengan baik dengan bimbingan dari guru untuk saat ini. b. Modifikasi bola tolak peluru sangat membantu untuk
pengenalan peserta didik terhadap tolak peluru ketika mereka baru pertama
kali melakukan Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi
dilakukan? 1. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini
adalah mereka sangat antusias terhadap pembelajaran dengan menggunakan TIK
dan model pembelajaran menggunakan PBL. Siswa bisa menjadi lebih aktif dan
mereka bisa berdiskusi secara baik selama proses pembelajaran yang dilakukan. 2. Respon dari rekan guru sangat menyambut baik
penggunaan TIK dalam pembelajaran dan model pembelajaran PBL dalam mata
pelajaran PJOK agar peserta didik juga bisa aktif di dalam kelas sehingga
kelas dirasa sangat menyenangkan. 3. Hasil dari penilaian dari pembelajran baik sikap,
pengetahuan dan keterampilan peserta didik menjadi di atas rata-rata. Apa yang menjadi faktor keberhasilan? 1. Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah
dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah
disusun dan membuat media pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran
TIK. 2. Pemanfaatan modifikasi media pembelajaran juga
menjadi alternatif tersendiri apabila sarana dan prasarana yang tersedia
tidak ada tapi juga harus sesuai dengan materi yang disampaikan dan
nilai-nilai kepenjasan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan guru, sehingga
pembelajaran inovatif ini dapat tercipta baik itu dari model pembelajaran dan
modifikasi media pembelajaran. |
Keren
BalasHapus