Singing Hatsune Miku
Posted by : Wahyu Dwi Prasetyo September 25, 2022

 


LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN 1 Tegaren Kec Tugu Kab Trenggalek

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Penerapan TIK dalam pembelajaran dan Pengimplementasian Model Pembelajaran Inovatif

Penulis

Wahyu Dwi Prasetyo, S.Pd

Tanggal

11 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Kondisi yang melatar belakangi masalah dalam Best Practice, yaitu:

1.    Guru belum pernah melakukan pembelajaran dengan berbasis TPACK, padahal sebenarnya guru mampu membuat media pembelajaran TIK, mesikpun itu media pembelajaran berbasis IT yang sederhana seperti powerpoint dan video gerakan. Guru PJOK yang saya lihat dalam lingkungan KKG yang mayoritas usia 45 tahun ke atas belum pernah menggunakan media TIK dalam pembelajaran.

2.    Kegiatan yang dilakukan oleh guru belum maksimal, diantaranya guru kurang memahami langkah-langkah sesuai sintak yang ada pada model pembelajaran. Kendala lain yang sangat dirasakan guru mengalami kendala dalam mengarahkan siswa mengidentifikasi masalah pada materi pelajaran.

 

Praktik ini penting dibagikan karena:

Praktik ini penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang sama dengan permasalahan kondisi saya, karena dalam realita yang ada di lapangan kondisi pembelajaran di sekolah sudah harus berubah karena tuntutan perkembangan zaman seperti saat ini. Saat ini teknologi dan model pembelajaran sudah sangat beragam, misal dalam pembelajaran yang dilakukan adalah peserta didik harus memecahkan masalah sendiri dan dituntut untuk menguasai IT sejak usia sekolah dasar.

 

Peran dan tanggungjawab dalam praktik ini:

Saya sendiri berperan dan bertanggungjawab sebagai guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik sebagai upaya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sesuai dengan alur perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya untuk kelancaran pembelajaran.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Apa Saya yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah dilakukan diidentifikasi masalah dengan refleksi diri, wawacanra guru, kepala sekolah dan pakar serta salah satu wali murid. Maka dapat ditarik beberapa poin penting yang ada, yaitu:

1.    Guru belum maksimal dalam melakukan dalam menggunakan TIK dalam pembelajaran sehingga siswa cenderung masih dalam batas informasi yang didapat dalam buku.

2.    Sarana dan prasarana terbatas sehingga guru harus membuat modifikasi media pembelajaran.

3.    Penyajian materi yang dianggap membosankan oleh siswa

 

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

1.    Guru bisa menggunakan media pembelajaran TIK yang sederhana seperti powerpoint atau menujukkan gambar pada proyektor.

2.    Kurangnya keaktifan guru dalam mencari informasi dalam pembelajaran, padahal saat ini informasi mengenai pembelajaran banyak berkembang di dunia maya atau internet sehingga bisa menjadi lebih banyak model atau media yang bisa digunakan.

3.    Guru harus bisa mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana yang ada dengan membuat modifikasi alat peraga atau media pembelajaran yang sederhana tapi tidak menghilangkan makna dari media yang akan disampaikan ke anak.

4.    Bola tolak peluru yang diisi dari pasir masih cenderung bisa rusak karena hanya menggunakan lakban untuk menutup lubang yang sudah dibuat dan hal itu bisa diatasi dengan membuat cadangan bola tolak peluru.

5.    Guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman, peserta didik sekarang dituntut lebih aktif dan kreatif dalam menghadapi permasalahan yang ada.

6.    Pengelolaan anak untuk membuat aktif dalam pembelajaran yang baru mereka lihat membutuhkan waktu dan proses yang harus bisa diantisipasi oleh pendidik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Siapa Saja yang terlibat?

Dosen Pembimbing lapangan, Guru Pamong, Kepala Sekolah, Rekan Sejawat, dan Peserta didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional. Diantaranya yaitu:

1.    Berkaitan dengan media pembelajaran berbasis TIK

a.    Guru menggunakan media pembelajaran TIK berbasis video pembelajaran berbasis animasi untuk menarik minat dan semangat peserta didik dalam melakukan penjelasan mengenai materi yang disampaikan sehingga dapat terintegrasi dengan TPACK, dengan begitu peserta didik dapat memahami materi dengan mudah serta tentu saja tidak membosankan bagi peserta didik karena disajikan dengan animasi yang sesuai dengan karakter peserta didik SD.

b.    Media pembelajaran TIK bisa dibuat dengan sederhana atau bisa mencari di youtube sesuai dengan materi apa yang akan disampaikan sehingga peserta didik bisa lebih mudah memahami.

2.    Berkaitan dengan model pembelajaran

a.    Guru diyakini sudah hafal dengan sintaks model pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran ini, model yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sesuai dengan sintaksnya.

b.    Selain itu juga didalam pembelajaran inovatif guru juga bisa mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dengan modifikasi bola tolak peluru yang terbuat dari plastik dan dalamnya diisi pasir sehingga bola menjadi berat

3.    Berkaitan dengan penilaian

a.    Seorang guru dituntut untuk melakukan penilaian secara keseluruhan mulai dari ranah afektif/sikap, kognitif/pengetahuan dan psikomotor/keterampilan.

b.    Penilaian yang dilakukan sesuai dengan instrumen yang lengkap mulai dari kisi-kisi penilaian, soal, instruksi keterampilan untuk melengkapi penilaian akhir.

4.    Berkaitan dengan kondisi kelas dan lapangan

a.    Guru bisa mendesain pembelajaran di dalam kelas dengan suasana rapi, bersih dan nyaman bagi peserta didik untuk belajar di dalam kelas. Penataan tempat duduk perserta didik juga bisa menjadi salah satu faktor penting untuk peserta didik dapat berdiskusi dengan baik.

b.    Guru dapat mendesain penataan pada saat pembelajaran di lapangan agar sesuai dengan pembelajaran tertutama saat akan melakukan permainan dengan pemanasan dan saat melakukan penilaian keterampilan.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan:

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa efektif dan dapat dilihat dari:

1.    Media Pembelajaran TIK

a.    Membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan diskusi baik di dalam kelas maupun diluar kelas dengan membangkitkan percaya diri peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti.

b.    Cara berfikir kritis peserta didik dapat muncul dengan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran dan media power point yang ditampilkan TIK

c.    Dengan menggunakan video pembelajaran animasi yang dilakukan dapat menarik minat peserta didik untuk belajar di dalam kelas

2.    Model Pembelajaran Inovatif

a.    Penggunan model PBL dalam pembelajaran sangat membuat antusias siswa dan siswa mampu berdiskusi serta memecahkan masalah dengan baik dengan bimbingan dari guru untuk saat ini.

b.    Modifikasi bola tolak peluru sangat membantu untuk pengenalan peserta didik terhadap tolak peluru ketika mereka baru pertama kali melakukan

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi dilakukan?

1.    Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah mereka sangat antusias terhadap pembelajaran dengan menggunakan TIK dan model pembelajaran menggunakan PBL. Siswa bisa menjadi lebih aktif dan mereka bisa berdiskusi secara baik selama proses pembelajaran yang dilakukan.

2.    Respon dari rekan guru sangat menyambut baik penggunaan TIK dalam pembelajaran dan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran PJOK agar peserta didik juga bisa aktif di dalam kelas sehingga kelas dirasa sangat menyenangkan.

3.    Hasil dari penilaian dari pembelajran baik sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik menjadi di atas rata-rata.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan?

1.    Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah disusun dan membuat media pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran TIK.

2.    Pemanfaatan modifikasi media pembelajaran juga menjadi alternatif tersendiri apabila sarana dan prasarana yang tersedia tidak ada tapi juga harus sesuai dengan materi yang disampaikan dan nilai-nilai kepenjasan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan guru, sehingga pembelajaran inovatif ini dapat tercipta baik itu dari model pembelajaran dan modifikasi media pembelajaran.

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Everlasting - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -